Merawat Cat Sepeda Motor

Bengkel Danstech, Jl. Raya 171 (barat alun-alun) Prembun Telp. (0287) 662368 / Flexy : (0287) 5520000 / HP :  081548570000

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat cat sepeda motor kesayangan, agar tetap terlihat kinclong dan sedap dipandang. Berikut hal – hal yang harus sobat lakukan :

1. Cuci motor secara rutin / berkala.

Jangan gunakan detergent untuk mencuci bagian body yang ber-cat, karena kandungannya yang keras lambat laun akan merusak bagian cat bila telalu sering digunakan. Pergunakan shampo khusus untuk mencuci sepeda motor, mahal sedikit gak papa yang penting cat motor kita tetap terjaga ke-kinclong-annya.

Perhatikan juga jangan langsung mengelap body dengan kain, semprot terlebih dahulu untuk membersihkan debu debu yang menempel, hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya goresan yang dapat merusak cat. Pergunakan kain yang lembut atau spon busa khusus untuk mencuci sepeda motor, jangan pergunakan spon busa jok atau spon busa yang bertekstur kasar. Dan sediakan dua ember, satu untuk campuran shampo dan air yang satunya adalah air bersih.

Yang tidak kalah penting adalah proses pengeringan nya, usahakan proses pengeringan ini sempurna jangan sampai meninggalkan bercak air yang tersisa, yang nantinya dapat menimbulkan noda atau jamur yang sulit dihilangkan. Pergunakan lap chamois atau orang biasa menyebutnya kanebo yang bagus, bersihkan hingga ke celah celah sepeda motor, usahakan lap chamois ini selalu dibilas supaya tetap bersih dan menyerap air dengan sempurna sehingga tidak meninggalkan bercak air.

2. Hindari pemakaian cairan atau pasta pengkilap cat.

Pergunakan secara bijaksana agar cat terlihat kinclong, pemakaian yang terlalu sering akan membuat cat cepat terkikis yang mengakibatkan warna malah menjadi pudar dan jelek.

3. Usahakan cuci motor setelah terkena air hujan.

Karena air hujan mempunyai keasaman yang tinggi sehingga dapat merusak cat dan bisa juga mengakibatkan karat pada bagian yang terbuat dari logam.

4. Hindari memarkir kendaraan anda di tempat terbuka dalam waktu lama.

Sinar matahari dan embun bisa mengakibatkan warna cat menjadi pudar dan kusam, yang lebih parah bisa mengakibatkan karat pada bagian yang terbuat dari logam.

5. Hindari pemasangan stiker motor yang berlebihan.

Stiker akan meninggalkan noda yang cukup terlihat jelas pada bagian cat bila kita kelupas, karena ketika dikelupas lapisan pelindung cat akan ikut terkelupas juga, sehingga meninggalkan noda yang sangat jelas.

6. Hindari juga bahan – bahan yang dapat merusak cat, seperti thinner dan lain – lain.

#dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s