Merawat Rem Cakram

Rem cakram (rem disk) adalah sebuah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern, salah satunya adalah motor. Berbeda dengan tromol, cara kerja rem cakram adalah dengan menjepit cakram yang dipasangkan pada hub atau ace roda, dan untuk menjepit cakram tersebut digunakan caliper atau biasa disebut “pala babi” yang digerakan piston untuk mendorong brake pads (sepatu rem) agar menjepit cakram ketika tuas rem ditarik. Nah sekarang gimana nih caranya supaya rem cakram kamu bisa bekerja maksmal dan yang pastinya tetap awet?

Ternyata, perawatan rem cakram tidak terlalu sulit kok. Karena jenis rem ini sangat mengandalkan piston yang erat hubungannya dengan pelumas, kamu harus rutin mengecek kondisi saluran dan minyak remnya. Karena jika saluran minyak tersumbat atau kondisi minyak sudah kotor dan encer, kinerja dari piston pun akan menurun sehingga kepakeman rem akan berkurang. Dalam kondisi normal rem cakram bisa awet selama tiga sampai lima tahun tergantung bagai mana cara perawatan dan pengunaannya.

Sama seperti rem tromol, kanvas rem cakram juga rentan kemasukan air hujan, debu, dan kotoran lainnya yang bisa menyebabkan pengereman tidak berfungsi maksimal. Jadi kamu juga harus rajin-rajin membersihkan bagian tersebut, jika tidak ingin repot cukup dengan membawa motor kesayangan kamu ke bengkel langganan, tidak lupa minta agar seal piston diganti dengan yang baru untuk menghindari adanya resiko kebocoran minyak rem.

Cek juga posisi dari caliper atau “pala babi” karena jika posisinya miring atau tidak pas, bagian caliper bisa bersentuhan dengan cakram, sehingga walaupun tidak dilakukan pengereman ketika motor dijalankan jalannya akan tersendat karena terjadi gesekan. Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan caliper menjadi aus dan permukaan cakram pun jadi tidak rata.

sumber : welovehonda.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s